Membuat Taman Mungil

Melihat keindahan taman dipercaya sebagai obat penghilang stress. Apalagi kalau kita bisa menikmatinya dihalaman rumah sendiri meskipun dalam ukuran kecil. Mulailah dengan menyiapkan sebidang lahan seluas 2x3 atau 3x3 m2. Lakukan pengolahan tanah dengan pencangkulan 20-30 cm untuk memperbaiki sistem drainase dan mencegah akar tanaman tidak busuk.

Dasar tanah dilapisi batu koral, baru diatasnya ditutup dengan media tanam berupa campuran tanah, pasir, dan pupuk kompos. Sekeliling taman perlu dibuatkan got kecil untuk menyalukan kelebihan air yang mungkin menggenang. Tata tanaman berdasarkan gradasi ukuran, warna dan teksturnya.

Diperlukan satu atau dua tanaman soliter seperti pohon palam setinggi 3 meter sebagai titik pusat pandangan. Lalu padukan dengan tanaman yang lebih rendah setinggi 1 meter. Misalnya kembang sepatu. Kemudian yang lebih renah lagi setinggi 20-30 cm seperti daun miana yang berwarna-warni. Hingga tanaman yang paling rendah setinggi 10 cm berupa rumput-rumputan. Perhatikan juga komposisi warna yang tercipta dari kelompok tanaman.

Untuk taman model minimalis lebih simpel lagi, cukup satu pohon kamboja dan deretan tanaman irish dibagian pinggir. Selebihnya, tanah ditanami rumput pendek. Cara ini membuat halaman terlihat lebih lapang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar