Tips Merawat Sink

Sink merupakan tempat mencuci gelas, piring, sampai alat masak. Bahkan tangan kita pun sering dicuci di sini. Sebagai tempat mencuci, justru disinilah banyak bersarang kuman akibat lembabya kondisi disekitar sink. Apalagi bagian lubang saluran airnya. Di sinilah bermuara berbagai sisa makanan sebelum akhirnya dibawa air ke pipa saluran pembuangan. Wastafel pun stali tiga uang. Berbagai rontokan rambut dan sisa sabun yang menempel pada lubang drainasenya merupakan media yang subur bagi tumbuhnya bakteri.

Membersihkan sink dan wastafel tidak sulit, yang sulit adalah menjaga rutinitas untuk membersihkannya. Berikut beberapa tip pemeliharaan sink :
  1. Usahakan sink dalam keadaan kering. Tetesan air, sabun, atau pasta gigi selalu meninggalkan bercak, baik di sink atau wastafel. Segera lap permukaan sink atau wastafel setelah digunakan.
  2. Setelah digunakan untuk menuci peralatan berminyak, siram permukaan sink dengan air panas agar lemak tidak lagi menempel dan larut ke saluran pembuangan.
  3. Jika lubang drainase tersumbat, tuangkan segenggam baking soda dan siramkan air panas ke dalam lubang tersebut. Kotoran yang menempel akan larut, bau pun akan lenyap.
  4. Pemakaian cuka atau perasan air jeruk limau yang asam juga dapat meluruhkan kotoran yang menempel pada pipa pembuangan.
  5. Untuk membersihkan permukaan sink dan wastafel dengan bahan kimia yang keras, lakukan disudut yang tersembunyi terlebih dahulu. Lihat apakah bahan tersebut menyebabkan perubahan warna atau tidak pada sink atau wastafel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar